ROUND TABLE DISCUSSION “ACFE PERGURUAN TINGGI DALAM PRAKARSA ANTI FRAUD”

Dalam rangka membangun kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura dengan ACFE Indonesia Chapter – East Java Region, maka pada hari Jum’at, 28 Juni 2013, pukul 09.00 – 11.30 di Gedung Rektorat Lt 5,642-567
Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Round Table Discussion dengan narasumber Prof. Dr. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., CPA dan Prof. R. Wilopo Chairman of ACFE Indonesia Chapter East Java Region.

Tema yang disampaikan dalam Round Table Discussion yaitu Menumbuhkan Budaya Anti Fraud di Dunia Pendidikan Tinggi. Kejahatan kerah putih, khususnya korupsi di Indonesia masih terus terjadi dengan frekuensi serta besaran nilai yang semakin lama semakin besar. Berbagai upaya yang dilakukan aparatur Negara baik DPR, Pemerintah, maupun lembaga Yudikatif mencoba untuk menurunkan berbagai kejahatan korupsi ini namun tampaknya sampai dengan saat ini belum banyak berhasil, yang menarik adalah lebih dari 70% pelaku korupsi di Indonesia adalah berpendidikan tinggi. Oleh karenanya perlu adanya peninjauan kembali bentuk dan metode pendidikan di perguruan tinggi. Seharusnya perguruan tinggi perlu memberikan porsi pendidikan soft skill yang cukup memadai dibandingkan dengan pendidikan hardskillnya.

Sangatlah penting di dunia pendidikan, khususnya di pendidikan tingg untuk lebih menekankan pembelajaran pada aspek values atau nilai – nilai dan tidak hanya pada pembelajaran aspek kompetensi atau keahlian. Pembelajaran dan penerapan nilai – nilai yang penting ini di antaranya adalah:

  1. Sikap dan perilaku jujur,
  2. Sikap dan perilaku kerja keras,
  3. Sikap dan perilaku menghormati dan taat pada hukum, dan peraturan
  4. Sebagai calon professional lebih mengutamakan kebutuhan pemangku kepentingan dibanding642-577
    diri sendiri dan kelompok.
  5. Sikap sebagai calon “whistle blower”
This entry was posted in Kegiatan, Seminar / Kuliah Tamu. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>